OPENSUSE 11.1

Friday, February 25, 2011

Ahooiiii...,, ini ada sedikit fitur-fitur/tools-tools yang ada atau dapat dijalankan di openSuse... sharing ya...,,

OpenSuse merupakan salah satu distro LINUX ke-5 yang paling banyak digunakan di dunia. Fitur-fiturnya yang bagus membuat LINUX ini lumayan banyak digemari banyak orang termasuk saya. Kali ini ada beberapa yang dapat dijalankan di OpenSuse 11.1. selain untuk menulis dokumen di OpenOffice.org 3.0, internetan dengan Firefox dan aplikasi-aplikasi lainnya. Ada beberapa aplikasi lagi yang dapat dijalankan di openSuse 11.1 ini. Berikut adalah contohnya :
1. Untuk windows manager, OpenSuse 11.1 menyertakan GNOME 2.24.1(GNU Network Object Model Environment) atau KDE 4.2.3 sebagai pilihan.
Ada beberapa paket yang ada di OpenSuse seperti OpenOffice.org 3.0, banshee 1.4.1, Firefox 3.0.3, evolution 2.24.1, dan Pigdin 2.5.1.
- KDE memiliki visualisasi yang lebih bagus dibandingkan dengan GNOME
- GNOME memiliki system yang ringan ( hanya membutuhkan RAM 384 dan 800 MHz ) berbeda dengan KDE yang membutuhkan RAM 512 dan 1 GHz

2. Kita dapat menambahkan font, karena font yang didapat dari Suse itu sendiri masih tergolong sedikit. Untuk menambahnya dapat dilakukan dengan beberapa cara :

- Font yang Windows kita kopikan ke OpenSuse kita. Letak font di Windows terletak di C:/Windows/Font. lalu kita kopikan (hanya yang berekstensi .ttf) ke OpenSuse di direktori /usr/share/font/truetype.
- Lalu pada terminal, kemudian ketikkan fc-cache -fv (berguna untuk meng-cache informasi font) dengan mode root.
- Setelah selesai maka sekarang kita bisa menggunakan font yang kita inginkan di Office kita.
3. Dapat membuat OpenSuse Live USB, bertujuan untuk menbawa Sistem Operasi OpenSuse dalam sebuah genggaman dengan USB. ada cara-cara tersendiri yang harus dilakukan. Yaitu
- Siapkan USB +/- 1GB dengan system vfat. Kemudian pasang UFD (didownload) dan akan muncul device/dev/sdb1.
- Kemudian istall syslinux dengan perintah #zypper in syslinux. Jalankan perintah #syslinux –s /dev/sdb1. Kemudian buat folder mounting, mount ISO ke home/iso dengan perintah –o loop.
- Kemudian transfer data ISO ke UFD dengan perintah #cp-R-L/home/iso/*/media/disk-1/. Salin semua isi dari boot/i386/loader pada folder /home/iso/ ke root folder pada UFD.
- Kemudian me-rename file isolinux.cfg menjadi syslinux.cfg dengan perintah #mv isolinux.cfg syslinux.cfg. kemudian salin file initrdud ke foler root UFD dengan perintah #cp initrodud/media/disk-1/.
- Edit baris syslinux.cfg pada baris initrd menjadi initrdud. Unmount pada UFD dengan perintah #umount /media/disk-1.
- Terakhir melakuakan pengetesan Live USB. Dengan cara restart PC, kemudian masuk ke BIOS atur boot sequence untuk mengarahkan ke UFD. Restart PC lagi dan akan muncul menu awal dari openSuse 11.1 yang didalam UFD.
4. Searching menggunakan find pengganti locate di openSuse 11.1. Pada openSuse fungsi pencarian di terminal menggunakan locate tidak pernah ada lagi. Ketikkan pada terminal find lokasi_pencarian –name nama_file. Perintahnya ns:~#find/etc/ -name vsftpd.conf.
5. Kalkulator di openSuse 11.1 (KCalc KDE 4.2.X) ada beberapa tools yang dapat digunakan diantaranya:
- Menu > Setting
pada menu ada beberapa mode penggunaan fungsi penggunaan kalkulator.
Secara default tombol Science /Engineering aktif, jika kita ingin menambah tombol fungsi lain seperti tombol statistik, kita tinggal mencentangnya pada menu > settings. Setelah kita mencentangnya, maka tampilan tombol kalkulatornya akan bertambah.
- Menu > Constant
Menu ini berisi nilai konstanta seperti dalam matematika nilai PI, bilangan euler dll.
dalam menu > constants > thermodynamics, terdapat nilai konstanta untuk Boltzmann, Atomic massa unit, molar gas constant, Stefan-Boltzmann, Avogadro number.
6. openSuse mempunyai tool untuk konfigurasi yang terintegrasi yang dinamakan YaST. Modul konfigurasi sistem yang terintegrasi ini juga yang membedakan openSuse dengan distribusi LINUX lainnya. konfigurasi openSuse dapat atur hanya dengan menggunakan browser saja. Untuk menjalankannya cukup ketikkan yast dengan user root #yast .

Nah, ini hanya baru beberapa fitur yang dapat digunakan disto LINUX openSuse 11.1. Mungkin masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang terdapat dalam openSuse 11.1.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Post a Comment