Sistem Operasi

Monday, February 21, 2011

DEFINISI secara umum SISTEM OPERASI adalah
1. sebagai Sebuah program yang mengatur hardware,dengan menyediakanLandasan untuk aplikasi yang berada diatasnya.
2. Bertindak Sebagai penghubung antara user dengan hardware.
3. Bertugas untuk mengendalikan & mengkoordinasi penggunaan Hardware untuk berbagai program aplikasi bagi bermacam2 user.
Dalam ilmu komputer, Sistem Operasi atau dalam bahasa inggris : Operating System atau OS adalah perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjelaskan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Pengertian SISTEM OPERASI ditinjau dari 3 sudut pandang yg berbeda :
1. SUDUT PANDANG PENGGUNA
SISTEM OPERASI adalah alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan pengguna. Dibandingkan menggunakan kinerja ataupun utilitas sumber daya. Sebaliknya dalam Lingkungan multiuser, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat untuk memaksimal Penggunaan sumber daya komputer. Tetapi pada sejumlah komputer, sudut pandang Pengguna dapat dikatakan hanya sedikit.


2. SUDUT PANDANG SISTEM
Sistem operasi adalah sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien. Sistem operasi merupakan manajer bagi sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Selain itu juga untuk mengatur eksekusi Aplikasi dan operasi dari INPUT / OUTPUT ( I/O ). Fungsi ini juga dikenal sebagai Program pengendali. Sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah “kernel”.
3. SUDUT PANDANG TUJUAN
Sistem operasi adalah sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah user.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory.
Booting adalah kegiatan pelaksanaan awal (start-up) komputer untuk mengambil sisitem operasi dari disk yang mendasari aktifnya komputer. Proses booting dapat dilakukan dengan 2 cara :
a. Menghidupkan komputer (dari power off menjadi power on)
b. Menekan 3 tombol bersamaan (tombol crtl-alt-del) pada saat Komputer sudah hidup.
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi.
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Jenis-jenis Sistem Operasi
1. DOS (Disk Operating Sistem)
DOS merupakan sistem operasi yang pertama kali digunakan hingga saat ini.DOS dibagi menjadi 3, yakni ;
a. DR-DOS
Dibuat oleh perusahaan digital research pada tahun 1988 dari Hasil transformasi CP/M (control program/monitor). DigitalResearch didirikan oleh Gory Kildall (1942-1994). Sistem operasi Ini digunakan sampai pada komputer pentium.
b. PC-DOS
Dirancang dan dibuat oleh perusahaan microsoft corp. namun dengan dikeluarkannya system operasi windows, sistem operasi ini sudah jarang / tidak digunakan lagi saat ini.
c. MS-DOS
Dirancang dan dibuat oleh perusahaan microsft corp. sistem operasi ini digunakan hingga saat ini dan terus dikembangkan versinya sesuai dengan kebutuhan.
2. WINDOWS
Dirancang oleh Microsoft Corp. pada awalnya dibuat nya windows bukan merupakan sistem operasi karena windows versi 3.x untuk menjalankannya masih bergantung pada sistem operasi DOS tujuan awalnya hanya untuk mengatasi masalah yang dihadapi pengguna komputer dalam melakukan :
- MULTITASKING : penggunaan program komputer secara bersamaan.
- MULTIUSER : pengaturan pemakai komputer oleh banyak pemakai.
3. MACINTOSH
Macintosh pertama dikeluarkan oleh perusahaan APPLE CORP. Berbeda dengan sistem operasi yang lain, sistem ini hanya ditujukan untuk komputer berbasis grafis dengan istilah GUI (Graphical User Interface) penggunaanya sangat spesifik karena tidak dapat digunakan pada komputer lain (PC), tetapi hanya dapat digunakan pada komputer mancitosh saja, karena pada komputer macintosh tidak dikenal adanya extention (.exe) file seperti pada system operasi DOS dan WINDOWS.
4. OS2/ Operating Sistem 2
OS/2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun system ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dan pengembangannya lebih lambat bila dibandingkan dengan DOS.
5. UNIX
UNIX pertama kali digunakan untuk komputer mini dan mainframe, tetapi kini Sudah dapat digunakan oleh komputer mikro.
Diciptakan oleh ahli riset BELL LABORATORIES (amerika). tetapi kurang diMinati oleh pengguna komputer mikro karena sulitnya menyatukan standartSistem. Perkembangannya tidak sepesat DOS, namun kini UNIX telah Mengeluarkan versi terbarunya dengan nama LINUX. Untuk mempromosikan dan memperkenalkan sistem operasi LINUX pada Masyarakat, maka perusahaan pembuatnya memasarkan secara gratis.

mbah google
Om wikipedia
staff gunadarma
Buku komputer untuk pelajar terbitan DINASTINDO.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Post a Comment