MENGENAL DAN BAGIAN PERSONAL DIGITAL ASSITANT (PDA)

Friday, April 1, 2011

1.1 Mengenal PDA
Personal Digital Assistant (PDA) adalah computer kecil yang mampu menyimpan, mengelola informasi. Ukurannya yang kecil dan kompak dan kemampuannya yang pintar, membuat alat ini dibutuhkan oleh banyak pihak. Ide pembauatan PDA ini dimulai pada tahun 1990, walaupun organizer elektronik telah sejak tahun 1980. PDA pertama dibuat untuk tujuan komersial adalah Newton Message Pad yang diproduksi oleh Apple Computer. Pada saat itu ukurannya masih besar, mahal dan sulit digunakan.

Pada tahun 1996, perusahhan Palm Computing meluncurkan produk Palm Pilot pertama. Produk ini berhasil menarik minat konsumen dalam jumlah besar. Ukurannya kecil, ringan dan dapat dioperasikan dengan menggunakan AAA yang dapat bertahan hingga beberapa minggu serta bisa menampung data alamat atau nomer telepon sampai ribuan buah. Sekarang, banyak produsen lain berkecimpung dalam produksi PDA, misalnya Sony, Hewlett-Packard, Dell, Viewsonic,O2, IBM dan lain-lain.
Secara umum PDA dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Pocket PC dan Handheld PC. Perbedaannya terletak pada ukuran dan jenis perangkat inputnya. Pocket PC berukuran lebih lebih kecil dengan perangkat input yang melekat pada layar LCD nya (berubah layar sentuh), sedangkan Handled PC berukuran lebih besar dengan perangkat input berupa keyboard mini. Pada perkembangannya, terdapat jenis lain yaitu Smartphone, yaitu PDA Pocket PC yang mengintegrasikan kemampuan telepon didalamnya.
Atas definisinya, sebuah PDA lebih tepat disebut pembantu pribadi (personal assistant) dalam artian bahwa alat ini berfungsi untuk mempermudah pekerjaan perorangan. Bila dibandingkan dengan computer secara utuh, alat ini belum dapat menyamakan fungsinya untuk melakukan proses data dalam jumlah yang besar, sehingga peranan sebuah PDA sebenarnya lebih tepat sebagai pendamping komputer bukan sebagai pengganti komputer.

1.2 Bagian PDA
Seperti layaknya sebuah laptop, PDA juga memiliki susunan Hardware yang kurang lebih sama. Pada PDA terdapat microprocessor, memory, baterai, layar LCD, dan perangkat input. Juga terdapat bagian system operasi dan software-software lainnya untuk melakukan pekerjaannya.
• Mikroprocessor
Seperti halnya desktop PC atau Laptop, PDA juga memiliki susunak hardware yang kurang lebih sama. Pada PDA terdapat microprocessor sebagai otak dan segala pusat koordinasi. Processor pada PDA tersebut berukuran sangat kecil dan murah seperti Motorolla DragonBall, ARM, MIPS, Intel, Hitachi IBM atau Samsung.
Walaupun clock-spreed microprocessor pada PDA terhitung kecil dibandingkan dengan Dekstop PC (100-500 MHz), tapi dengtan ukuran seperti itu sudah dapat menjalankan pekerjaan dengan optimal untuk seukuran PDA.
• Memory
Memory pada PDA ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan data dan sebagai pengolah data (sementara) seperti layaknya yang memiliki sebuah PC. Karena PDA tidak memiliki hard drive, maka data pada PDA disimpan dalam memory, sehingga memory yang digunakan pada PDA bertipe RAM (Random Access Memory). Keuntungannya, apabila PDA dimatikan, maka pekerjaan terakhir tidak akan hilang dan bisa digunakan lagi karena memory tersebut menggunakan sedikit daya dari baterai untuk mempertahankan data di RAM tersebut. PDA juga menggunakan Flash Memory untuk menyimpan system operasinya. Sehingga walaupun di hard-reset atau dicabut baterainya, system operasi tersebut tidak akan hilang.

• Baterai
Sumber daya pada PDA adalah baterai. Baterai didini dapat berupa baterai yang bertipe AA atau Lithium, nickel-cadmiun atau nickel-metal hydride yang dapat didisi ulang. Kekuatan baterai dapat berkurang sesuai penggunaan software dan perangkat-perangkat tambahan yang terdapat pada PDA. Jika baterai pada PDA habis, biasanya masih terdapat sedikit daya untuk mempertahankan data pada RAM, tapi jika benar-benar habis, maka data pada RAM tersebut hilang.
Baterai yang disertakan dalam paket pembelian biasanya tergantung pada PDA dan fasilitas-fasilitas tambahan yang dimilikinya, biasanya berkisar antara 900 mAh sampai 2500 mAh. PDA dengan processor 200 MHz dan baterai 900 mAh dapat menyala maksimum 5 jam secara berturut-turut.


• Layar LCD
Layar pada PDA bertipe Liquid Crystal Display (LCD) dengan jenis yang berbeda-beda. Tidak seperti pada layar Dekstop PC, dimana layarnya dijual terpisah, layar pada PDA menyatu dengan devicenya walaupun ukurannya dapat berbeda-beda sesuai dengan merk & tipenya. Jenisnya dapat berupa LCD standar atau color super-twist nematic (CSTN), LCD passif, atau LCD reflektif. Warna yang bisa digunakan dari dua warna hitam-putih sampai 65.536 warna dengan resolusi 160x160 sampai 240x320 pixel.

• Perangkat Input
PDA biasanya dilengkapi dengan perangkat input yang berbentuk pulpen yang dinamakan stylus. Alat ini berguna sebagai penunjuk seperti mouse dengan cara menggoreskannya pada layar LCD yang berupa layar sentuh (Touch-Screen). Stylus dapat digunakan juaga untuk menulis huruf-huruf kapital dengan cara menggoreskan sesuai dengan karakteristik huruf tersebut dan kemudian akan ditampilakan sesuai dengan font nya. Teknologi pengenalan tulisan tangan ini disebut Handwriting recognition.
Untuk memudahkan proses penulisan juga biasanya terdapat papan keyboard virtual yang merupakan program dengan lokalsi tombol huruf-hurufnya menyerupai keyboard sebenarnya. Tapi, untuk merk da type tertentu juga terdapat PDA yang menyediakan keyboard yang sebenarnya (dengan ukuran kompak).
Dalam perkembangannya seperti sekarang ini terdapat type-type tertentu yang juga menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan seperti InfraRed (IRDA), Bluetooth, Wireless LAN, dan slot-slot tambahan untuk menyimpan data, slot-slot tersebut biasanya bertype Compact Flash (CF), MultiMedia Card (MMC) atau Secure Digital (SD). Peripheral lain juga tersedia dipasaran yang dapat ditambahkan ke PDA, missal Kamera Digital, GPS, modul GSM, Turner dan lain-lain yang tentunya merupakan peripheral khusus yang didesain untuk PDA. Dalam paket pembelian, secara standar PDA terdiri dari :
- PDA Pocket PC - Rechargeable Battery - Kabel data USB
- AC Adapter - Stylus - Headphones
- Charger Adapter - Manual Book - CD Companion CD


Pocket PC aplication programming



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

  1. cuma satu ane kecewa sama PDA yaitu ketahanan baterainya yang tidak lama dan apalgi kalo abis total datanya bisa hilang. terima kasih gan infonya.

Post a Comment