SISTEM OPERASI DAN PEMROGRAMAN PDA (Personal Digital Assistant)

Friday, April 1, 2011

1.1 Sistem Operasi
Seperti layaknya sebuah computer, PDA juga membutuhkan system operasi yang berisi instruksi yang sudah diprogram untuk memerintahkan prosessor untuk melakukan suatu pekerjaan. System operasi yang digunakan PDA tidak serumit suatu pekerjaan. System operasi yang digunakan PDA tidak serumit ang digunakan pada computer desktop, penggunaan memori dan instruksinya lebih sedikit.

Pada awal kemunculannya, karena Palm Computing adalah produsen PDA yang mendominasi pasar, sistem operasi yang disertakan adalah Palm. sistem operasi ini membutuhkan memori lebih sedikit, lebih cepat, dan lebih mudah digunakan. Pada tahun 1996 diamana PDA sudah mulai populer muncul produsen lain beserta system operasi yang juga disertakan pada PDA produksi mereka, diantaranya adalah Zaurus produksi Sharp dan Psion produksi Psion. Pada waktu itu Microsoft mulai berkecimpung pada dunia software PDA (tanpa membuat alatnya), dan produksi pertamanya adalah Pegasus yang kemudian dinamakan Windows CE. Windows CE versi 1.0 adalah sebuah system operasi 32-bit yang bersifat modular dan real-time dengan ukuran yang cukup kecil. Windows CE ini sudah mengintegrasikan program Pocket Word dan Pocked Excel yang menyerupai versi komputer desktop. Tapi karena penggunaannya memorinya boros, harga perangkat yang menggunakan system operasi ini menjadi lebih mahal. Akibatnya, Windows CE 1.0 tidak terlalu diterima oleh masyarakat.
Atas dasar itu, Microsoft kembali menyempurnakan produknya dan meluncurkan Windows CE 2.0. Versi terbaru ini memiliki fitur yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Karena masalah memorinya masih belum diselesaikan dengan baik, system operasi Palm masih lebih unggul. Pada tahun 2000, Microsoft meluncurkan system operasi Windows CE generasi berikutnya dan diberinama Microsoft Windows for Pocket PC. System operasi ini dibuat berdasarkan teknologi Windows CE 3.0. Pengembangan dilakukan pada kernel, dukungan driver dan hardware, protocol komunikasi dan security. Pada tahun 2002, kembali diluncurkan Pocket PC 2002 dan terakhir Pocket PC 2003 dengan nama barunya Windows Mobile 2003. Dua produk ini lebih menekankan multimedia, protocol dan security jaringannya.


1.2 Pemrograman pada PDA
Karena basis Pocket PC 2002 adalah Microsoft Win32 yang memiliki konsep pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environtment / IDE). Proses pengembangan pada Pocket PC 2002 akan dilakukan dengan menggunakan Microsoft eMbedded Visual Basic dan Microsoft eMbedded Visual Tools 3.0 terdiri atas Microsoft eMbedded Visual Basic dan Microsoft eMbedded Visual C++ termasuk Software Development Kit (SDK) untuk Pocked PC atau Smartphone. Programmer yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Visual Basic dan Microsoft Visual C++ tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan aplikasi menggunakan eMbedded Visual Tools karena tampilan, menu dan pemrogrammnya sangat mirip.
Pembuatan program untuk Pocket PC dilakukan pada computer desktop dan, proses debugging dan lainnya dilakukan dengan menggunakan emulator Pocket PC. Menggunakan emulator Pocket PC dapat mempersingkat proses debugging program, tapi penggunaan emulator dapat mengurangi fungsi PDA secara keseluruhan, terutama fungsi-fungsi spesifik prosessor.
Bahasa yang digunakan pada Microsoft Embedded Visual Basic 3.0 ini adalah interpreter. Artinya, instruksi-instruksinya akan diekseskusi secara berurutan oleh command interpreter. Oleh karena itu, berbeda dengan membuat file executable yang berdiri sendiri (*.exe), embedded Visual Basic membuat file dengan ekstensi *.vb yang didinterpretasikan oleh device Pocket PC pada saat dijalankan.
Pembatan aplikasi Embedded Visual Basic dialakukan pada desktop PC, proses debugging dan compiling dilakukan juga di desktop PC. Untuk itu digunakan Pocket PC emulator agar proses pengerjaan aplikasinya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tapi, tidak semua kemampuan yang terdapat dalam Pocket PC Device dapat dijalankan pada emulator.
Beberapa kelebihan menggunakan Embedded Visual Basic dibandingkan VBScript diantaranya adalah :
- Embedded Visual Basic dapat mengakses file menggunakan control common dialog
- Embedded Visual Basic dapat mengakses Windows CE API.
- Embedded Visual Basic dapat menggunakan control ADOCE sehingga dapat mengakses sumber-sumber data lain.
Karena Embedded Visual Basic merupakan bagian dari paket pemrograman Embedded Visual Tools, maka proses instalasi dilakukan dengan cara menginstall program paketnya tersebut. Berikut ini merupakan syarat minimum instalasi Microsoft Embedded Visual Tools :
• Desktop computer dengan processor Pentium 90 MHz keatas
• Microsoft Windows® Workstation 4.0 (with SP5, Internet Explorer 5.01, and MDAC 2.1) atau Microsoft Windows® 98 second edition. Microsoft Windows® XP Professional, eMbedded Visual Tools bisa di install di windows 98 tetapi emulasinya minimal berjalan pada Windows XP, Windows 2000 atau Windows NT.
• 64 MB untuk Windows XP Professional. 32 MB untuk Windows 2000 Professional. 24 MB untuk Windows NT Workstation 4.0 atau Windows 98.
• CD-ROM drive
• VGA atau Super VGA monitor dengan resolusi minimal 640x480.
• Mouse
• Instalasi membutuhkan kapasitas 200 MB.

Catatan : Untuk menghindari kesalahan presepsi, computer desktop selanjutnya akan disebut desktop PC, PDA pada sebenarnya (barangnya) akan disebut Pocket PC Device dan emulator PDA yang digunakan di computer desktop akan disebut Pocket PC Emulator, sedangkan system operasi yang digunakan oleh PDA akan disebut Pocket PC.

referensi : Pocket PC aplication Programming



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Post a Comment